Penyebab dan Cara Mengatasi HandPhone Asus Zenfone 4C, 2, 5 dan 6 Mati Sendiri

Zyonation.com - Berikut ini beberapa Alasan dan penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Asus Zenfone 4c 5 Dan 6 sering kali mati sendiri dan tiba-tiba mati Total tidak bisa hidup kembali, Beberapa Asus Zenfone kadang memang mengalami hal yang sama dan sering kali smartphone buatan Asus ini mengalami hal yang tidak pernah diduga yaitu mati secara Tiba-tiba dan tidak bisa hidup kembali. Kurang tahu secara pasti apa penyebab Zenfone asus rawan mati sendiri baik dari Versi Zenfone 2, Zenfone c, 4c, Zenfone 5 Dan juga Zenfone 6.

8  Penyebab Dan Cara Mengatasi Hp Asus Zenfone c 4 5 Dan 6 Mati sendiri
Android Via www.blogspot.com

Versi-versi yang saya sebutkan ini merupakan sebagian dari Merk Zenfone yang sudah lama diproduksi dan diedarkan secara meluas hingga ke seluruh Indonesia. Semua orang tentu akan tahu dengan merk yang sudah familiar satu ini. Zenfone asus jika dilihat dari segi fitur dan Bodynya sendiri cukup lumayan untuk menemani sehari-hari.

Terlebih sudah banyak sekali Fitur baru yang bisa kita coba. Namun sayang sekali kadang zenfone asus membuat penggunanya merasa kecewa karena beberapa hal seperti sering kali mati secara mendadak, kemudian cepat sekali panas dan lagging.

Mungkin artikel ini akan membantu anda menemukan masalah terhadap smartphone asus anda yang sering kali mati sendiri dan tidak bisa menyala ataupun menyala kembali. Keadaan yang sering kali Restart ini membuat para pengguna asus tentu akan jengkel dan kapok menggunakan seri Zenfone.

Penyebab Dan Cara mengatasi Zenfone Asus yang sering Restart sendiri :


# Terjadi Error Pada Sistem OS


Sama halnya dengan smartphone lainnya, zenfone asus juga menggunakan sistem OS Android baik versi yang keempat dan juga kelima. Zenfone asus juga memiliki kekurangan , biasanya terletak pada bagian sistem OS bawaan yang mana sering kali pada saat terjadi error sistem tidak akan merespon apapun, Biasanya kesalahan utama yaitu karena adanya Virus yang menginfeksi pada saat berselancar di Internet, dan juga bisa karena kesalahan anda dalam melakukan instal aplikasi yang free dari Internet maupun dari Playstore.

Bisa juga penyebab sistem OS error karena menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dan tidak menutup salah satu aplikasi terlebih dahulu dan lalu membuka aplikasi yang lain, ini merupakan kesalahan Fatal yang tidak semua pengguna zenfone asus tahu. terlebih untuk pengguna zenfone C yang memiliki spesifikasi yang minim. Kadang akan cepat panas jika terjad Error dan kemudian akan mati secara mendadak.

# Akibat Kerusakan Pada Hardwere


Kemudian yang selanjutnya yaitu adanya kerusakan dari Hardwere zenfone itu sendiri, biasanya hal ini terjadi ketika anda sedang melakukan settingan pada sistem zenfone baik dengan cara rooting kemudian dengan cara membongkar sendiri.

Kerusakan pada hardwere ini akan membuat keadaan Smartphone memiliki kinerja yang sama sekali tidak akan maksimal, terlebih pada saat hp sudah mulai panas maka akan cepat sekali hang atau Lagging dan kemudian mati secara mendadak setelah itu jika masih berjalan maka akan kembali restart.

Namun jika sudah parah biasanya hp sudah tidak mau restart dan hanya mau hidup kembali jika menggunakan cara manual yaitu dengan menekan Tombol Power saja. Untuk masalah anda bisa membawanya terlebih dahulu ke Gerai Asus Resmi yang ada didaerah anda, atau jika sama sekali tidak ada mungkin anda bisa titipkan pada Gerai Konten Hp yang benar-benar bisa dipercaya.

Ingat jangan mudah terbawa pengaruh untuk meninggalkan barang di Konter yang sembarangan, atau bisa jadi komponen-komponen yang masih bagus akan ditukar dengan komponen lainnya.

# Error Pada Aplikasi Google


Kemudian yang selanjutnya penyebab hp mati sendiri biasnya juga terjadi karena Error atau Aplikasi Not Responding pada aplikasi bawaan sistem yaitu aplikasi Google itu sendiri, jangan dianggap remeh untuk aplikasi Google yang sama sekali tidak merespon dengan baik.

Biasanya aplikasi yang berjalan kurang maksimal yaitu Google maps, kemudian Google playstore dan juga Google penelusuran. Ketiga aplikasi google ini sangat rawan jika sudah Not responding, yang mana dampaknya sendiri akan membuat aplikasi lain jika dibuka menjadi lebih berat dan kadang juga ikut-ikutan tidak bisa dibuka. terlebih jika sudah parah akan membuat hp anda hang lalu mati sendiri.

# Aplikasi banyak Virusnya


Kemudian yang berikutnya yaitu karena aplikasi terlalu banyak menyimpan Virus Hp dan akhirnya menginfeksi seluruh sistem pada hp zenfone anda, mungkin anda pernah menginstal aplikasi Gratisan baik dari Google playstore dan juga langsung dari Internet dan kemudian tanpa melakukan scan langsung memasangnya di Ponsel anda. Ini merupakan salah satu cara yang mungkin buruk untuk dilakukan, kita tidak tahu jenis aplikasi dan Virus seperti apa yang anda instal di Hp.

Dampaknya mungkin akan langsung membuat hp android anda menjadi lebih berat untuk kinerjanya sendiri dan juga sering kali aplikasi keluar, ini bisa jadi ketidakcocokan atau aplikasi yang sama sekali tidak competible dengan versi Os android Zenfone anda.

Untuk itu jangan sekali-kali menggunakan atau menginstal secara langsung aplikasi dari internet secara gratis. paling tidak lakukan scan terlebih dahulu dengan antivirus yang ada.

# Menggunakan Hp Cukup Lama


Kalau anda suka bermain games mungkin waktu 3 jam hingga 4 jam bukanlah waktu yang lama untuk anda gunakan, namun waktu tersebut cukup lama sekali untuk kinerja dari Hp android anda, boleh bermain gamas dan browsing dengan Hp tapi juga ingat hp android perlu istirahat juga.

Penggunaan Ram dan juga Proseccor hp yang semakin lama akan membuat tingkat panas baterai semakin tinggi dan terlebih lagi anda menggunakan ponsel pada saat di charger, ini sangat berbahaya sekali. Lebih baik kurangi penggunaan Hp jika Hp sudah mulai terasa panas.

# Gara-gara Update OS


Mungkin kalau anda melihat Notifikasi Update OS di Hp akan merasa senang ataupun tidak senang, senang karena ponsel akan diperbaharui secara otomatis dan tentunya akan mendapatkan Fitur yang lebih baru.

Terlebih lagi kalau OS nya juga langsung ganti ke OS yang lebih tinggi,Tentu saja akan semakin canggih. Tapi perlu anda ingat, sebenarnya tidak semua jenis Hp Zenfone itu akan mendapatkan Update, hanya beberapa saja dari merk yang masih hangat seperti Zenfone Go dan Zenfone 2 laser, Untuk Versi lama sepertinya mendapatkan tapi tidak sampai ke sistem OS nya sendiri.

Ini mungkin belum terlalu stabil untuk Hp anda sehingga sering kali Hp langsung mati sendiri dan biasanya karena RAM dan memory Internal yang terlalu banyak kepakai sehingga aplikasi lainnya tidak mendapatkan ruang yang lebih longgar dan akhirnya ponsel android anda mulai menunjukkan kinerja yang malah tidak maksimal, Proses update ini pasti sangat besar, mungkin anda bisa melihat kapasitas RAM dan juga memory terlebih dahulu.

# Memodifikasi Sistem


Semua orang tentu saja punya keinginan untuk mempunyai ponsel android yang bagus dan juga keren, ya karena saya juga mempunyai keinginan seperti itu, salah satu caranya yaitu dengan memodifikasi ponsel android menjadi lebih keren dan kinerjanya menjadi lebih maksimal, Mengedit dan memodifikasi sistem menjadi lebih keren tentu juga membutuhkan bantuan aplikasi dan juga prosesnya sendiri memakan waktu yang cukup lama, terkecuali jika anda sudah ahli untuk jail Break Ponsel android.

Kadang kala ponsel yang sudah di modifikasi akan menunjukan perubahan yang drastis, mulai dari kecepatan akses internet yang semakin lancar, kemudian ponsel menjadi tidak lemot, bisa digunakan untuk apa saja, dan juga aplikasi kebanyakan sudah support dengan ponsel yang dimodifikasi. Namun perlu anda pikirkan juga apakah 100% dari modifikasi ini tidak akan merusak sistem lainnya ?

Dampaknya mungkin akan terlihat ketika anda terlalu lama menggunakan ponsel android untuk bermain games dan untuk aktivitas lainnya.

# Memory Card Sizenya Terlalu Besar


Nah ini yang mungkin masalah sepele malah tidak terlihat sama sekali, kadang para pecinta ponsel android membelikan ukuran untuk Memory Cardnya terlalu besar dan menyebabkan ponsel menjadi tidak mampu bekerja dengan baik, mungkin anda berpikir dengan semakin menambah besar memory Eksternal atau memory card akan membuat ruang penyimpanan semakin besar. Tentu saja benar, tapi apakah Hp  akan menerimanya begitu saja ?

Jelas tidak, coba ponsel anda menggunakan memory card 128 GB, untuk zenfone C mungkin akan langsung hang dan mati mendadak. Semakin besar ukuran memory card akan semakin besar pula peluang Hp untuk mati secara mendadak, Mungkin lebih baiknya kalau anda menggunakan yang ukuran sedang saja misalnya 2 GB, 4 GB, 8 GB ataupun sampai 32 GB sudah cukup besar.

Nah itulah beberapa faktor dan penyebab Hp android Asus Zenfone sering kali mati mendadak atau mati Total, lantas bagaimana cara mengatasinya mas ? Apa perlu mengganti dengan ponsel yang baru ? Jangan dulu. Kita atasi dengan cara dibawah ini.

a. Cabut Baterai Dan Memory Card


Yang pertama silahkan cabut terlebih dahulu baterai dan juga kartu memory yang ada di Hp android anda, kemudian biarkan selama beberapa jam dan jangan dalam keadaan Di Charger yah. biarkan saja sampai ponsel benar-benar tidak menerima sumber daya apapun baik dari Charger dan juga daya baterai itu sendiri. Jika sudah mencapai 4 jaman lebih coba nyalakan kembali ponsel anda dan lihat apakah sudah tidak mati-mati mendadak lagi atau tidak.

b. Masuk Ke Sistem Recovery

 

Yang kedua adalah dengan masuk ke sistem Recovery, untuk tutorial ini akan saya buatkan sepenuhnya, jika saya gabungkan dengan artikel ini malah akan semakin bingung nantinya. untuk cara satu ini bisa dilewatkan terlebih dahulu dan ganti dengan beberapa cara yang ada. karena selain membutuhkan kehati-hatian cara ini juga akan beresiko membuat ponsel anda mati total.

c. Bersihkan Chace Dan History Aplikasi


Ini penting untuk anda lakukan, yang pertama silahkan hapus semua history aplikasi yang pernah anda buka dibagian settingan aplikasi, langkah-langkahnya sangat mudah. Silahkan terlebih dahulu masuk Ke bagian settingan di hp zenfone anda masing-masing dan kemudian masuk ke bagian aplikasi > Lihat aplikasi dan Clear data dan Cache, untuk Clear data ini akan menghapus seluruh data baik percakapan, panggilan dan lain-lain NAMUN TIDAK AKAN MENGHAPUS DATA KONTAK.

Misalnya anda Clear data BBM aplikasi, maka anda perlu login kembali dengan Email dan password BBM anda. Ingat sebelum melakukan cara ini ingat kembali semua email dan password untuk aplikasi-aplikasi yang berhubungan dengan akun pribadi anda.

d. Update Aplikasi Yang Terpasang


Kemudian yang berikutnya yaitu dengan mengupdate aplikasi yang sudah terpasang di ponsel android anda, biasanya aplikasi yang akan diupdate adalah aplikasi sosial media dan juga aplikasi bawaan dari Google, kalau ruang memory android masih cukup mungkin anda bisa update yang penting-penting saja dan jangan update yang ukurannya terlalu besar. setelah semuanya di Update, anda bisa mematikan pemberitahuan update selanjutnya di Google playstore.

e.  Ganti Memory Eksternal


Yang selanjutnya yaitu anda bisa mengganti Memory Eksternal anda, biasnya selain dari kesalahan sistem juga ada kemungkinan dari Faktor memory Eksternal, seperti yang sudah saya utarakan tadi bahwa semakin besar ukuran memory akan membuat kinerja ponsel menjadi lebih berat dan juga bisa jadi memory yang anda gunakan sudah terinfeksi dengan Virus sehingga membuat ponsel anda akan lamban.

f. Lakukan Flashing Kembali


Untuk cara ini anda harus mempunyai keahlian dalam Flashing android, saya juga menerima jasa Flashing android untuk wilayah Jogja saja dan sekitarnya, Penginstalan ROM android ini bukanlah perkara yang mudah, kita harus benar-benar pandai memilih jenis ROM yang cocok dengan kode dan merk ponsel android kita.

0 Response to "Penyebab dan Cara Mengatasi HandPhone Asus Zenfone 4C, 2, 5 dan 6 Mati Sendiri"

Post a Comment