Tips menghemat baterai iphone 2x lipat lebih hemat


Zyonation.com - Perkembangan teknologi dan fitur pada smartphone yang pesat sayangnya tak diimbangi dengan kualitas baterai yang mumpuni. Kemunculan power bank adalah tanda bahwa para pengguna Smartphone khawatir baterai habis di tengah jalan. Masalah serupa tak luput dialami iPhone besutan Apple dengan sistem operasi terbarunya iOs7. Fitur-fitur baru di iOs7 yang ciamik semakin membuatnya boros daya. Akan tetapi, ada beberapa cara sederhana tanpa aplikasi apapun yang dapat dilakukan untuk hemat baterai iPhone.
  1. Aktifkan Airplane mode atau mode pesawat terbang ketika sedang bepergian ke daerah yang sulit sinyal. Baterai smartphone akan lebih cepat terkuras ketika harus mencari sinyal di tempat-tempat yang sulit seperti hutan atau pegunungan. Caranya masuk ke Setting >> Airplane mode.
  2. Matikan fitur Wifi dan Bluetooth apabila tidak sedang digunakan. Cukup aktifkan ketika ingin terhubung dengan sambungan internet. Tapi agak sulit untuk non-aktifkan Wifi, apalagi bagi yang suka eksis di social media. Paling tidak, Bluetooth yang jarang terpakai dapat dimatikan saja. Caranya yaitu dengan masuk ke Setting >> pilih on/off pada Wifi dan Bluetooth.
  3. Non-aktifkan fitur penanda lokasi atau GPS. Ketika aktif, fitur ini akan terus bekerja dan menyesuaikan posisi dimana Anda berada. Setelah dinon-aktifkan, ada penghematan daya baterai yang cukup signifikan. Selain itu, dengan mematikan fitur ini, privacy Anda akan lebih terjaga sebab tak sembarang orang dapat tahu posisi Anda saat ini. Caranya yaitu dengan masuk ke Setting >> Privacy >> Location services.
  4. Gunakan wallpaper yang statis. Fitur terbaru dari iOs7 yaitu Anda dapat menggunakan Walpaper yang dinamis. Sebuah fitur yang sangat memanjakan mata. Akan tetapi, konsekuensinya adalah baterai cepat drop. Bagi yang lebih mementingkan daya tahan baterai, ada baiknya wallpaper iPone diubah ke image static. Apalagi bagi pengguna tunanetra, tak ada perlunya pakai wallpaper dinamis :D. Caranya yaitu masuk ke Setting >> Wallpaper and Brightness >> Choose wallpaper. Pilih Wallpaper statis di opsi “still photo wallpapers”. Di sana Anda dapat memilih wallpaper sesuai dengan selera. Bagi pengguna tunanetra, image yang disediakan dilengkapi dengan caption, jadi anda tahu wallpaper apa yang akan muncul di layar iPhone Anda.
  5. Kurangi kecerahan layar. Semakin terang layar iPhone, maka daya yang digunakan semakin besar. Standarnya, cukup kurangi brightness sampai 30 atau 40% maka performa baterai akan meningkat. Khusus bagi pengguna tunanetra, dapat mengurangi brightness hingga nol persen. Sebab tak ada pengaruhnya juga layar yang cerah atau gelap :D. Caranya yaitu masuk ke Setting >> Wall paper and Brightness. Lalu pada Screen Brightness swipe ke atas/bawah hingga persentasi yang diinginkan. Selain cara ini, bagi pengguna tunanetra dengan voiceover aktif, dapat langsung menuju ke Controll Center yaitu dengan sentuh bagian atas layar iPhone, lalu tiga jari swipe ke atas.
  6. Aktifkan Autolock. Fitur autolock berfungsi untuk mengunci dan meredupkan layar ketika iPhone tidak disentuh dalam jangka waktu tertentu. Selain berfungsi untuk menghindari lupa menekan tombol lock, baterai juga akan lebih hemat karena tak akan menghidupkan layar dengan percuma. Caranya yaitumasuk ke Setting >> General >> Autolock. Set pada jangka waktu 1 menit.
  7. Mematikan Background App Refresh. Beberapa aplikasi meski tidak sedang digunakan dapat tetap menggunakan koneksi internet untuk refresh data atau location GPS. Agar lebih hemat daya, fitur ini dapat dimatikan saja. Caranya yaitu masuk ke Setting >> General >> Background App Refresh.
  8. Tutup aplikasi yang habis digunakan. Pada sistem iOs7, ketika Anda menekan tombol Home pada aplikasi, sebetulnya ia tidak benar-benar menutupnya. Dia hanya berpindah ke tampilan home, dan minimize ke dalam App Switcher. Untuk benar-benar menutup aplikasi yang dalam waktu lama tidak dipakai lagi, caranya yaitu dengan menekan tombol home dua kali secara cepat untuk masuk ke App Switcher. Pada aplikasi yang ingin ditutup, swipe tiga jari ke atas.
  9. Lebih banyak gunakan Wifi daripada paket data. Dari pengalaman, saat paket data aktif meski tidak untuk internetan aktif, maka daya baterai lebih cepat habis dibanding ketika tersambung dengan Wifi. Cara untuk non-aktifkan paket data yaitu dengan masuk ke Setting >> Mobile/celular.
  10. Pakai sinyal 2g daripada 3G. Penggunaan sinyal 3G saat paket data aktif dapat menguras tenaga baterai cukup signifikan. Ada baiknya apabila hanya untuk penggunakan ringan seperti WhatsApp atau chatting lainnya, non-aktifkan sinyal 3G. Caranya yaitu dengan masuk ke Setting >> Mobile/Celular.
Dijamin sepuluh jurus di atas dapat meningkatkan performa iPhone anda hingga dua kali lipat. Jika sebelumnya baterai sudah habis kurang dari 24 jam, kini dapat tahan lebih lama hingga dua hari atau lebih. Namun apabila cara di atas tidak berfungsi optimal, berarti ada masalah dengan iPhone Anda yang sudah minta untuk upgrade ke seri iPhone yang lebih baru. Semoga bermanfaat, dan apabila ada yang punya trik hemat baterai iPhone lain, mari share di kolom komentar.(DPM)

0 Response to "Tips menghemat baterai iphone 2x lipat lebih hemat"

Post a Comment