Menghasilkan uang dari blog? kenapa tidak! baca tips ini

Zyonation.com - Ingin Kaya Dari Blog? Mending Anda Baca Tips Berikut Ini ~ Bagi sebagian orang mungkin sudah banya yang mengetahui, bahwa blog bisa jadi media mendapat kekayaan. Karena Blog memiliki banyak potensi, yang bisa dimanfaatkan.
Biar gampang, saya beri salah satu contoh. Salah satu dari luar negeri namanya Ewdison Then, anda tahu berapa penghasilan sebulan yang diperoleh dari blogger? 60.000 sampai 80.000 dolar.

Sumber Foto : Flickr

Bahkan blogger yang bernama Pete Cashmore, penghasilannya berapa perbulannya coba tebak? rata-rata 600.000 dollar.
Kalau dirupiahkan sekitar sembilan ratus juta, hampir satu millyar. Kebayang gak?
Mungkin yang terbaru saja, salah satu pemilik blog, namanya Gee Jhon, nama blognya http://www.portal-uang.com baru-baru ini merilis penghasilannya, sampai 1000 Dolar lebih. Ya, kalau dirupiahkan sekitar empat belas juta-an
Bagaimana? anda ngiler dengan penghasilan seperti itu? tunggu dulu, sebaiknya anda ingat-ingat dengan kata mutiara ini :
Jangan Harap Kesuksesan, Jika Tak Mau Gagal dan Berkorban
Artinya, para blogger dengan penghasilan sebulan bisa melebih Pegawai Negeri Sipil ini, bukan tanpa usaha, pengorbanan bahkan kegagalan.
Namun semangatnya tidak pernah pudar, dan mau untuk gagal dan mencari cara untuk sukses. Nah, oleh karena itu, jika anda kebetulan Ingin Kaya Dari Blog? Mending Anda Baca Tips Berikut Ini. Apa saja itu?
Sebelum saya jawab, jujur ini adalah murni pengalaman pribadi saya yang saya dapatkan dari berbagai diskusi dengan para master blogger.

1. Memiliki Blog [Wajib]

Poin pertama ini sebenarnya tak perlu dibahas, lawong topiknya memang ini. tapi kalau kebetulan penasaran bikin blog.

2. Menaikkan Traffic Pengunjung Blog [Wajib]

Bagi para pemilik blog, siapa yang tidak ingin memiliki pengunjung yang banyak? kayaknya gak mungkin ada, kecuali blogger sinting.
Semua blogger pasti ingin blognya dikunjungi orang kan? tapi ingat sama petuah yang satu ini :
Blog ibaratkan toko, jika ingin banyak pembeli, sediakan dulu barang yang dijual, jangan berharap pembeli banyak, jika tidak punya jualan
Nah, yang perlu diperhatikan pula adalah konten, atau isi blog itu sendiri. yang namanya jualan, masak kita ingin menjual barang dengan kualitas rendah, westalah, bisa dipastikan toko anda sueeeppiii.
Sudahlah, jangan hanya membuat blog untuk kepuasan diri sendiri jika ingin banyak pengunjung, buatlah tulisan yang banyak dicari orang.
Atau kata lain, buatlah tulisan yang banyak diburu para pengunjung. soalnya tidak semua orang suka dengan selera anda sendiri kan?
Dan yang perlu diperhatikan pula adalah cara menulis. Jangan terlalu pakai si-sasi, pakai bahasa kontemporer, banyak yang gak paham. bisa-bisa pengunjung pengen cepat-cepat klik tanda x merah bagian kanan atas lho, alias close.
Jadi, buatlah tulisan dengan bahasa yang sederhana, dan mudah dipahami. dan 1 lagi tips, jangan buat paragraf yang lebih dari tiga baris. Pengunjung mumet bacanya.
Dan saya-pun berusaha menggunakan bahasa yang paling mudah dibaca orang awam, dengan paragraf yang singkat.
Apa tujuannya? agar para pengunjung bisa mendapatkan informasi yang beragam, tidak bosan, dan akan rindu dengan blog ini.
Nah, lantas ada yang sempat tanya, katanya blog gado-gado tidak lebih baik dari blog satu topik? saran saya, jangan terlalu dengarkan orang yang berkata demikian.
Sebagai bocoran saja, banyak kok blog gado-gado tapi berpenghasilan besar. Rahasianya, setiap postingan usahakan ada korelasinya dengan basic blog.
Nah, lantas bagaimana cara agar banyak pengunjungnya? wah anda bisa banyak temukan tipsnya. Tapi kalau mau tau tips blog ini, ok lah, saya kasih bocoran sedikit aja ya?.
Cara Meningkatkan pengunjung blog, sebenarnya banyak sekali caranya, salah satunya dengan Promosi Blog, coba pakai dua cara ini:

Offline
Promosi itu, artinya kita ngasih tahu ke orang lain, kalau ada blog yang banyak manfaatnya. nah, cara offline, artinya tidak pakai koneksi internet.
Bisa anda ceritakan keteman anda sendiri, atau kalau bisa bangun brand blog melalui produk kaos, topi yang mengusung blog anda.
Bisa juga majangin blog di sebuah karya, misalnya buku dan lain sebagainya. bahkan kalau perlu buat pengumuman pakai speaker masjid hahaha [just kidding]

Online
Untuk yang online, anda bisa gunakan sosial media, seperti facebook, google+, twitter, linkedin, pinterest, wah banyak sekali yang bisa dimanfaatkan.
Boleh juga anda gunakan media chatting, seperti BBM, Whatsapp, Line dan lain sebagainya. atau bisa pula dengan menggunakan media Email.
Sebenarnya media Online, tidak harus terhubung dengan internet, anda bisa gunakan SMS kepada teman-teman anda.
Jika pengunjung blog anda masih sepi, coba resapi saja petuah para master blogger berikut ini :
Lebih Baik Pengunjung Blog Secara Natural, Daripada Instan

3. Perhatikan Kata Kunci [Tidak Wajib]

Kata orang, sebelum membuat tulisan baru, harus mencari kata kunci yang tepat. Ah, itu kata orang.
Memang dulu, google sebagai search engine atau bahasa mudahnya sebagai alat pencarian dan penelusuran, memakai standart kepadatan kata kunci
Artinya walaupun artikelnya sedikit, tapi kata kuncinya banyak, bisa dipastikan bisa naik diperingkat satu dipencarian.
Akhirnya banyak blogger yang memanfaatkan pencarian kata kunci sebelum membuat artikel. Biasanya mereka menggunakan Google Keyword Planner. mungkin karena gratisan.
Ada juga yang pakai Keyword Tool. dan lain sebagainya. Harapannya, agar tulisannya bisa nongkrong dan duduk manis dihalaman depan google [biasanya disitilahkan dengan "Nangkring di Pageone"]
Nah, itu dulu sobat. beda dengan sekarang. padatnya kata kunci tidak jadi penentu artikel bisa duduk manis di halaman utama pencarian.
Ingat Konten dalam blog adalah raja. Bukan hanya kata kunci yang dilirik sama mbah google, tapi juga isi dan lalulintas pengunjung.
Riset Kata kunci tetap harus dilakukan, tapi menekankan kata kunci belaka adalahnonsens, karena saat ini google telah memperbaharui algoritmanya, dia sekarang pakai algoritma hummingbird.
Artinya, yang terpenting adalah konteks dari kata kunci, dan kualitas tulisan.
Jadi, setelah dapat kata kunci dengan persaingan rendah, dengan pencarian banyak, katanya sih kita dianjurkan buat artikel utama, biasanya disitilahkan dengan konten pilar, dan membuat artikel pendukung.
Wah apa lagi tuh artikel utama, dan artikel pendukung. wes gampangannya begini, anda buat artikel dengan kata kunci utama, dengan tulisan lengkap, bagus dan banyak. ada yang menyarankan buat artikel sampai 1000 kata [banyak sangat, kata upin ipin]
Kemudian anda buat artikel yang sesuai dengan tema pada tulisan utama tersebut, sebagai artikel pendukung. Biar lebih mantab, buat link keartikel utama itu. Katanya sih gitu.
Semakin tulisannya berkualitas, maka alat pencari semakin ngebet naruh di halaman depan. otomais, semakin banyak pula pengunjungnya.

4. Konsisten / Istiqamah Merawat Blog [Wajib]

Setelah anda terapkan tahapan tips diatas, mulailah konsisten membuat tulisan baru, minimal 1 artikel setiap hari.
Ingat, aktifitas pemilik blog bisa diketahui oleh google. Jika tidak sering dirawat dan diupdate tulisannya, maka google tidak akan meliriknya. Ngelirik juga sih, tapi sinis, bayangkan sodara :D
Blog bagaikan Rumah, Jika tak dirawat, maka akan kelihatan usang. Pengunjung mana yang mau mampir ke blog tak berpenghuni?
Jika tidak mampu update tiap hari satu artikel, anda bisa menulis dua hari sekali, namun kalau bisa buatlah artikel untuk hari yang kosong. dengan cara merubah tanggal tulisan tersebut.
Sebagai catatan, merawat blog bukan hanya update tiap hari, usahakan ada perawatan kesehatan blog secara berkala.
Sepengalaman saya, kadang ada tulisan yang sudah lama, ternyata memiliki kerusakan link atau biasa diistilahkan dengan broken link.
Biasanya para blogger mengecek link yang rusak dengan salah satu enyedia jasa, misalnya www.brokenlinkcheck.com/, atau www.drlinkcheck.com/
Dan ada satu lagi, biasanya para blogger terutama yang lagi nibwie, kurang memperhatikan loading blog.
Maklum, mereka masih terikat pada tampilan blog, tidak memperhatikan hal yang lebih penting.
Ingat para pengunjung, termasuk saya sendiri malas masuk ke blog, tapi loadingnya kayak sampai kiamat. Ingin cepat-cepat nge-klik close.
Banyak cara cek kecepatan blog, misalnya bisa pakai http://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/, atau pakai ini http://www.gtmetrix.com/
Nah Ada baiknya, tiap seminggu, anda cek kesehatan blog dengan mengunjungi situs-situs tersebut. agar blog anda kelihatan fresh, tidk kusam dan ribet.

5. Monetize Blog [Wajib]

Seperti yang saya sebutkan diatas, kalau ingin kaya dari blog, anda harus baca tulisan ini. langsung saja, biar gak bosan.
Monetize Blog, artinya membuat blog anda bisa menghasilkan uang. Ada beberapa cara, yang bisa anda lakukan :
Daftar Jadi Publisher
Publisher yang dimaksud bukan penerbit buku lho, tapi penerbit iklan. Artinya, kita sebagai agen dari sebuah Iklan.
Salah satu yang digandrungi oleh para blogger saat ini adalah Google Adsense [GA]. Walaupun banyak pendapat diantara para blogger mengenai mudah dan tidaknya jadi agen GA ini.
Tapi saya percaya, asalkan memenuhi kriteria yang ditetapkan oleh pihak GA, maka blog kita akan mudah diterima.


Alur Penayang Iklan Google Adsense
Jika anda gagal pada satu jalan, Maka tak ada yang perlu disalahkan, hanya perlu memperbaiki strategi
Sebenarnya tidak hanya GA saja yang menyediakan penayangan iklan, anda bisa mendaftarkan diri pada situs yang menyediakan pendaftaran sebagai Afilliate. Misalnya, Lazada, dan yang lebih terkenal ada ebay, dan masih banyak lagi.

0 Response to "Menghasilkan uang dari blog? kenapa tidak! baca tips ini"

Post a Comment