Jangan Format Flashdisk USB anda menjadi NTFS jika tidak mau seperti ini!

Jangan Format Flashdisk Kamu Jadi FAT32 Jika..

Apabila kamu belum menyadari, semua Flashdisk yang selama ini kita jumpai memiliki format partisi yang sama. Perangkat penyimpanan portable tersebut menggunakan FAT32 sebagai format partisi standarnya. Mengapa demikian? Bukankah FAT32 merupakan format partisi yang sudah tua dan masih banyak jenis partisi yang lebih modern?


Jawabannya ialah karena Flashdisk merupakan media penyimpanan yang memang sering digunakan untuk beragam perangkat dan sistem operasi. Dikarenakan FAT32 adalah jenis partisi yang sudah lama hadir, maka perangkat dan sistem operasi yang compatible dengan partisi tersebut akan lebih banyak dibandingkan dengan yang lain.

Akan tetapi, permasalahan mulai muncul ketika kamu harus menyalin file-file yang berukuran di atas 4 GB, seperti contohnya file ISO, installer game tunggal, file kompresi, dan lain-lain. FAT32 tidak dapat menyimpan file-file besar dengan ukuran di atas 4 GB tersebut. Walaupun Flashdisk kamu memiliki ukuran penyimpanan hingga 16 GB pun, file berukuran besar itu tidak dapat disimpan.

Maka dari itu, jenis partisi NTFS hadir untuk menyelesaikan masalah yang sudah umum terjadi itu. NTFS hampir tidak memiliki batasan dalam ukuran penyalinan file tunggal. Ia bahkan dilengkapi dengan fitur kuota hingga keamanan yang lebih baik.

Tapi, Jangan Format Flashdisk Kamu Jadi NTFS Jika..

Nah tapi, pasti kamu akan mengalami masalah yang cukup merepotkan apabila kamu sering beraktivitas menggunakan beragam perangkat dan beragam sistem operasi. Ini dikarenakan NTFS adalah format partisi yang masih tergolong baru dan belum banyak perangkat yang mendukung. Jangankan perangkat portablelainnya, sistem operasi seperti Mac OS bahkan tidak dapat menulis ke perangkat dengan format partisi NTFS.


Jadi, kamu perlu memperhatikan perilaku sehari-hari ya. Jika kamu sadar bahwa kamu sering meng-copy file dengan ukuran yang besar, maka NTFS bisa menjadi pilihan yang tepat. Akan tetapi, jika kamu membutuhkan Flashdisk dengan kompatibilitas yang tinggi, maka jenis partisi FAT32 masih menjadi pilihan utama untuk kamu.

Untuk info lengkap mengenai perbandingan kompatibilitas dari masing-masing partisi, kami juga dapat tabel yang telah disusun oleh tim How-to Geek nih.

0 Response to "Jangan Format Flashdisk USB anda menjadi NTFS jika tidak mau seperti ini!"

Post a Comment